Buku Pedoman Penilaian Kurikulum 2013 Baru Permendikbud 23 Tahun 2016 SD/SMP/SMA

09.09
Pedoman Baru Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud 23 Tahun 2016
Mulai semester 2 atau genap ini penilaian kurikulum 2013 yang berupa juknis atau buku petunjuk SD, SMP, SMA maupun SMK untuk penilaian hasil belajar peserta didik memasuki pedoman baru dalam revisi kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud nomor 23 tahun 2016, beberapa perubahan yang kami sampaikan untuk K13 pada acuan Permen 23 tahun 2016 ini adalah sebagai berikut untuk Kriteria ketuntasan minimal/KKM memberikan acuan yang cukup jelas. seperti gambar berikut ini.

Penilaian Sikap (K1 dan K2) :
Skor Penilaian = Skala 1-4
Kategori Nilai =
Skor 1-2 = PB (Perlu Bimbingan)
Skor 3 = B (Baik)
Skor 4 = SB (Sangat Baik)
Sikap siswa diasumsikan Baik (B), maka bila SB=PB deskripsi yang muncul adalah B (Baik).
Terkait penilaian Sikap ini Guru lebih kompeten dan berwenang mau berapa kali melakukan penilaian sikap untuk setiap KD/Materi Pokok.
Adapun instrumen penilaian yang dapat digunakan adalah : Observasi, Jurnal, Penilaian Diri dan Penilaian Antar Teman.
Jadi secara normalnya Penilaian Sikap dalam tiap KD/Materi Pokok menghasil 4 SB/B/PB.
Dari jumlah SB, B dan PB inilah lalu dirumuskan Deskripsi Nilai Sikap. Jadi deskripsi nilai sikap BUKAN dari skor skala 1-4, melainkan dari jumlah SB/B/PB utk tiap siswa.

Contoh Kriteria dan skala penilaian penetapan KKM Untuk memudahkan analisis setiap KD, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran.
Pedoman Baru Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud 23 Tahun 2016
Pedoman untuk Sekolah Dasar, SMP, dan SMA ini kami bagikan pada link di bawah ini untuk bisa dipelajari secara lengkap untuk rekan-rekan guru dalam implementasi kurikulum 2013.
DOWNLOAD

Artikel Terkait

Previous
Next Post »